Goa Pindul

Ini Dia Wisata Goa Pindul yang Wajib Dicoba

Wisata Goa Pindul – Jogja adalah kota yang memiliki sebuah goa yang sangat unik, dimana di dalam goa ini terdapat sebuah sungai yang melintas disepanjang goa. Goa Pindul Jogja memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang wajib dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terletak di area start ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter tidak jauh setelah memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul dan harus menggunakan senter.

Ornamen di dinding goa ditambah dengan ricuhnya kekelawar membuat goa Pindul bak lukisan yang sangat berharga. Tepat di tengah tengah goa Pindul terdapat ruang yang cukup besar, dan uniknya diatas ruang tersebut terdapat sebuah lobang yang cukup lebar, yang biasanya digunakan sebagai jalur pintu masuk vertikal oleh TIM SAR saat misi penyelamatan. Dari lobang ini sinar matahari bisa masuk menyinari dinding dalam goa. Sehingga menjadikan pemandangan di dalam Goa menjadi sangat luar biasa menakjubkan.

Setiap pengunjung yang menyusuri Goa Pindul harus dengan menggunakan pelampung, wisatawan akan menjumpai stalagtit yang sangat besar. Ukuran dari stalagtit tersebut mencapai 5 rentangan tangan orang dewasa untuk melingkarinya. Konon katanya, air yang menetes dari staglagtit ini dapat menjadikan seseorang cantik dan awet muda. Sedangkan untuk para pria, air yang menetes tersebut dapat meningkatakan vitalitas para pria.

Sejarah Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul

Kisah ini di awali pada orang pada zaman dahulu yang bernama Ki Ageng Pemanahan dan Ki juru Mertani. Keduanya mendapatkan tugas untuk membunuh seorang bayi yang diperintahkan oleh Panembahan Senopati Mataram. Bayi tersebut adalah anaknya Puteri Penembahan Senopati.

Ki Ageng dan Juru Mertani memutuskan untuk melanggar perintah dari Panembahan Senopati, yaitu enggan untuk membunuh bayi tersebut. Kedua orang tersebut memutuskan untuk mengembara ke arah timur sambil membawa sang bayi yang seharusnya mereka bunuh, tepatnya di puncak sebuah bukit. Karena kedua orang tersebut mempunyai ilmu kesaktian yang sangat luar biasa, bukit yang di daki nya itupun runtuh hingga menyisakan lubang yang cukup besar yang di bawahnya terdapat air sungai yang mengalir deras.

Sang bayi mungil itu dimandikan oleh Ki Ageng dan Ki Juru Mertani di aliran sungai di bawah Lobang bukit tersebut. Ketika proses memandikan  bayi, pipi sang bayi terbentur dinding goa hingga benjol. Dalam bahasa Jawa, Benjol yang berarti “Pindul”. Hal itulah yang melatar belakangi asal muasal nama Goa Pindul.

Akses Menuju Goa Pindul

Ada dua buah alternatif transportasi yang dapat digunakan agar dapat sampai ke Goa Pindul Jogja, yaitu dengan menggunakan angkutan umum dan juga kendaraan pribadi.

Apabila menggunakan angkutan umum maka rute yang harus di tempuh adalah;

Malioboro menuju Terminal Giwangan selanjutnya ke Kota Wonosari menuju Goa Pindul.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi pun juga kurang lebih rute nya juga sama.

Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Paket Harga
Caving Goa Pindul Rp. 35.000

Aktivitas Di Goa Pindul

Aktivitas yang umumnya dilakukan oleh wisatawan di wisata ini adalah cave tubing. Cave tubing adalah aktifitas menjelajahi sungai yang ada di dalam goa dengan menggunakan sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya mirip dengan rafting. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah peyebutanya.  rafting biasanya dilakukan di aliran air sungai yang deras dan kuat. Sedangkan cave tubing dilakukan di aliran sungai yang tenang di dalam gua.

Demikian lah Artikel tentang Goa Pindul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Goa Kalisuci

Wisata Goa Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Menjelajahi sungai yang mengalir melewati goa alami di bawah tanah menjadi pengalaman yang ditawarkan di Goa Tubing Kalisuci, desa Semanu, kabupaten Gunungkidul. Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini kombinasikan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting. Berbekal informasi yakni aktivitas cave tubing ini hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul,  Pun menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Goa Tubing Kalisuci.

Aliran sungai yang berkelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang berwarna biru kehijauan terlihat kontras dengan warna tanah yang kecoklatan yang menjadi di dasarnya. Setelah semua duduk di atas ban pelampung yang disediakan, pengarungan sungai pun dimulai. Ban mulai bergerak seirama aliran air disana. Saat tiba di arus tenang maka wisatawan harus mengayuh supaya terus bergera maju diatas air, sedangkan saat memasuki sungai jeram, ban yang dinaiki akan melaju dengan cepat bermanuver sesuai dnegan kondisi sungai di sungai.

Goa Kalisuci
Goa Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci ini cocok sekali begi pecinta alam yang senang mengadu adrenalin. Cave Tubing Kalisuci di Indonesia ini sudah  mendunia. Tempat wisata ini masuk dalam kategori cave Tubing terbaik di dunia, sejajar dengan cave tubing yang ada di New Zealand dan Mexico.

Akses Menuju Wisata Cave Tubing Kalisuci

Cave tubing Kalisuci yaitu berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 60 km dari kota Yogyakarta. Lebih seru lagi jika bisa menggunakan kendaraan bermotor pada saat menuju tempat wisata ini. Jika dari kabupaten Wonosari berkendara menuju kecamatan Semanu memerlukan waktu sekitar 15 menit saja atau setara dengan 10 km untuk mencapai gua Pindul. Mulai dari situlah wisatawan akan melewati jalan berbatu kurang lebih 500 meter hingga akhirnya sampai tujuan. Tetaplah selalu waspada ketika bepergian ke medan yang menanjak, meskipun jalan sudah beraspal dan mulus pasti berkelok. Dan terdapat tanjakan serta turunan yang cukup berbahaya untuk dilalui.

Harga Tiket Menikmati Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keseruan menyusuri sungai Kalisuci ini yaitu Rp. 70,000 rupiah perorang. Tepat wisata ini dibuka mulai pukul 07:00 pagi-17:00 sore dari hari Senin hingga Minggu. Biaya tersebut tidak akan terasa berat jika kalian benar-benar menikmati perjalanan menyusuri sungai di bawah tanah dan di dalam gua Kalisuci ini, karena Cave Tubing ini termasuk wisata langka yang memiliki banyak pengunjung.

Aktivitas Wisata Cave Tubing Kalisuci

Bagi kalian yang belum berani mencoba olahraga air berupa rafting ini, jangan takut akan kecelakaan karena para wisaawan terjamin keamanan dan keselamatannya. Pengelola atau pemandu akan dengan senang hati menjelaskan mengenai teknik dan tips dalam melakukan kegiat ini. Adapun perlengkapan yang harus ada dan wajib digunakan dalam kegitan ini seperti jaket khusus untuk olahraga air, pelampung, senter kepala, helm pelindung, pengaman lutut dan ban yang akan dinaiki.

Pemandu wisata akan senantiasa mendampingi para wisatawan selama kegiatan. hal itu bertujuan untuk keselamatan dan keamanan pengunjung juga. Kegiatan eksplorasi di tepi sungai cukup memuaskan berlangsung  1,5 jam lamanya. Cukup lama mengingat betapa seru dan mengasyikan dengan sensasi sungai di bawah tanah dan di dalam gua dengan rute yang berkelok-kelok di atas aliran sungai yang jernih dan segar tersebut.

Demikianlah artikel tentang Goa Tubing Kalisuci. Semoga artikel ini dapat membantu. Sekian dan terimakasih.

Goa Kiskendo Kulonprogo

Keindahan Wisata Goa Kiskendo Yogyakarta

Goa Kiskendo terdapat di daerah kulon progo di dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, 35 km Barat Laut dari arah Yogyakarta. Perjalanan ke goa kiskendo dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota yogyakarta. Akses jalan menuju destinasi ini sudah sudah beraspal dan mulus, meskipun jalannya berkelok- kelok.

Goa kiskendo merupakan salah satu daya tarik wisata di kabupaten Kulon Progo ini. Hijaunya lingkungan sekitar, sejuknya udara, dan bersihnya lokasi wisata goa kiskendo menjadi daya tarik tambahan. Goa kiskendo merupakan goa alam yang terbentuk dari resapan air yang turun dan menetes di dalam goa selama berabad-abad. Di dekat mulut goa kiskedo terdapat relief pewayangan sugriwo dan subali. Selain keindahan relief karya tangan manusia disana, keindahan batuan stalaktit dan stalagmite karya tangan Tuhan menambah keeksotisan goa yang indah. Di dalam goa ini terdapat Total ada 9 situs pertapaan yang ada di tempat ini. Di tengah-tengah lokasi gua, dekat sebuah ruangan yang serupa dengan aula yang cukup kecil, terdapat gentong berisi air bersih. Air yang bersumber dari tetesan bebatuan Goa tersebut bisa wisatawan konsumsi untuk melepas dahaga setelah berjelajahjauh ke dalam Goa Kiskendo. Untuk jauhnya wisatawan dapat jelajahi di goa ini adalah sekitar 1 kilometer.

Gua kiskendo memiliki 2 (dua) buah rute yaitu rute umum dan rute khusus. Untuk saat ini rute-rute umum di goa kiskendo sudah dilengkapi dengan alat penerangan yang baik dan alas yang sudah disemen sehingga mempermudah wisatawan untuk menikmati keindahan dalam goa tersebut. Untuk para pecinta jelajah goa, di dalam Gua Kiskendo ada rute panjang sekitar 1,5 kilo meter. Untuk melakukan jelajah gua, pada area ini masih sangat alami tanpa penerangan dan alas ditutup semen jadi disarankan untuk membawa persiapan. Namun, hanya orang-orang dengan izin tertentu dan perlengkapan lengkap yang diperboleh melakukan jelajah gua didalam Gua Kiskendo. Diarea wisata goa kiskendo juga terdapat  rumah joglo sebagai tempat untuk istirahat, area bermain, bumi perkemahan, dan gardu pandang, area yang sangat luas dengan kebersihan yang cukup baik. Sehingga setelah menikmati keindahan Goa Kiskendo, para wisatawan bisa beristirahat dan menikmati keindahan alam perbukitan Menoreh Kulon Progo dengan tenang.

Akses Menuju Goa Kiskendo

Goa Kiskendo Kulonprogo
Goa Kiskendo Kulonprogo

Rute menuju Gua Kiskendo Kulon Progo ini sangat muda sekali yaitu: Dari arah Jogja langsung saja menjuju Jl. Godean dan langsung menuju ke barat terus,selanjtnya sampai perempatan Kenteng masih kebarat menuju Jl. Kaligesing lalu hampir sampai di perbatasan sudah ada plang nama Wisata Gua Kiskendo besar di tepi jalan.

Kalau dari arah Kota Wates langsung saja menuju ke arah Nanggulan lalu sampai perempatan Kenteng tinggal belok kiri dan ikuti Jl. Kaligesing tersebut. Soal medan jalan jelas naik turun dan berkelok karena tempatnya berada di deretan Pegunungan Menoreh.

Harga Tiket Masuk Ke Goa Kiskendo

Saat weekday, harga tiket masuk Goa Kiskendo adalah Rp 4,000.00 rupiah. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Goa Kiskendo adalah Rp 4,000.00 Rupiah.

Aktivitas di Goa Kiskendo

Disana tersedia taman Bermain Anak dan juga para wisatawan dapat beristirahat di Rumah Joglo yang menjadi fasilitas di tempat tersebut. Wisatawan juga dapat berfoto ria di area apapun di lokasi terutama di relief dekan mulut goa.

Demikian artikel tentang Goa Kiskendo. Semoga artikel ini dapat membantu, sekian dan terimakasih.

Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang yang Memukau

Goa Jomblang ini berlokasi di kawasan pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Goa ini merupakan salah satu goa dari sekitar 500 goa yang ada di pegunungan tersebut. Goa ini mempunyai mulut goa dengan bentuk vertikal dengan jarak dari bibir goa ke lantai dasarnya sangat bervariasi. Paling dalam sekitar 80 meter. Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique ( SRT ) untuk memasuki gua yang dalam ini.

Goa Jomblang Gunung Kidul ini ternyata memiliki cerita dan sejarah yang sangat kelam. Pada era tahun 1970-1980 an, gua ini dipakai untuk lokasi pembunuhan missal dan pembuangan mayat anggota PKI. Puluhan bahkan ratusanvanggota yang dicurigai sebagai PKI diperkirakan tewas dan menemui akhir hayatnya di goa Jomblang ini. Menurut faktanya, mereka semua didudukan berderet secara berkelompok di bibir gua dengan tangan saling terikat satu dengan yang lain. Ketika salah satu ditembaki sampai jatuh ke dalam gua maka anggota lainnya semua akan ikut terjatuh kedalam.

Bagi yang belum terbiasa dengan olahraga fisik, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar gua akan sangat melelahkan dan berat. Ditambah lagi cerita-cerita seram mengenai goa tersebut dari para penjelajah yang pernah masuk sebelumnya, mungkin akan membuat para penjelajah merasa gentar sebelum memasuki gua Jomblang tersebut. Akan tetapi begitu masuk ke dalamnya segala perasaaan yang menganggu sebelumnya akan tergantikan oleh keindahan Goa Jomblang itu sendiri.

Goa Jomblang
Goa Jomblang

Saat berada didasar goa jomblang, dapat kita temukan beberapa tumbuhan yang tumbuh subur, pada dinding kapurnya ditumbuhi tanaman berupa perdu. Setelah sampai dasar goa jombalng, wisatawan dapat beristirahat pada sebuah tempat seperti bilik yang terbentuk secara alami. Selanjutnya wisatawan dapat meneruskan penelusuran melewati lorong-lorong yang menghubungkan goa Jomblang tersebut dengan gua vertikal lainnya. Lorong penghubung dua goa tersebut cukup lebar , ada juga yang mempunyai lebar sekitar 500 meter. Untuk menelusuri lorong tersebut, wisatawan dapat dengan mudah melaluinya karena terdapat jalan setapak yang terbentuk dari bebatuan yang telah disusun sedemikian rupa. Tetapi penjelajah juga harus berhati-hati karena jalan tesebut bisa saja sangatlah licin karena faktor kelembaban.

Setelah dari Goa Jomblang dan wisatawan menelusuri lorong sampai ke Goa Grubuk. Wisatawan disarankan untuk mencapai dasar gua Grubug tepat pukul 13.00 siang hari. Karena  wisatawan akan dapat melihat pemandangan yang indah dari sinar matahari yang menerobos masuk yang biasa di sebut sinar dari surga.

Akses Masuk Goa Jomblang

Untuk menuju ke Goa Jomblang di Gunung Kidul, wisatawan bisa memanfaatkan angkutan kota seperti minibus atau angkot. Dari arah terminal Giwangan anda naik angkot atau bus dengan jurusan Jogja-Wonosari lalu tukar angkutan untuk ke Kecamatan Semanu. Anda juga  bisa titipkan barang anda dan mambawa barang yang akan dibawa ke gua – berjalan 3 km sampai bibir gua dan sampai.

Harga Tiket Masuk di Goa Jomblang

Untuk memasuki gua ini tidak dipungut biaya apapun. Untuk peralatan pribadi memang tidak dipungut biaya tetapi lebih baik minta izin dahulu kepada kepala dukuh disana. Namun disana juga disediakan jasa operator untuk pemandu dan peralatanya, yaitu sekitar Rp. 450.000 sampai Rp. 1.000.000 dan itu untuk satu orag saja.

Aktivitas di Goa Jomblang

Wisatawan dapat mampir ke rumah kepala dukuh disana yang memang sejak dulu digunakan untuk menyambut para wisatawan. Biasanya para wisatawan memberikat sejumlah uang seikhlasnya untuk tanda terimakasih kepada Kepala Dukuh.

Demikian artikel tentang Goa Jomblang. Semoga artikel ini dapat membantu. Sekian dan terimakasih.

Goa Rancang Kencono

Sejarah Goa Rancang Kencono di Yogyakarta

Goa Rancang Kencono di Yogyakarta menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Lokasi Goa Rancang Kencono Yogyakarta yang mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah tentunya menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu liburannya ke tempat yang indah ini.

Goa Rancang Kencono adalah goa yang sarat dengan cerita dari jaman prasejarah sampai masa-masa perjuangan Laskar Mataram pada masa lalu. Menurut kabar, goa ini ditumbuhi dengan sebuah pohon klumpit yang sudah berusia ratusan tahun lamanya yang sekaligus menjadi saksi bisu terciptanyua berbagai cerita di goa ini. Menurut legenda, Goa Rancang Kencono, dulunya di tahun 1720 goa yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini sering dijadikan sebagai tempat persembunyian Laskar Mataram dari Madiun yang dikejar oleh para penjajah Belanda di masa lalu.

Lokasi Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono adalah salah satu goa yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Alamat Goa Rancang Kencono adalah di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Gunungkidul adalah salah satu dari kabupaten yang wilayahnya termasuk di dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Dulunya Goa Rancang Kencono ini adalah goa purba sejajar dengan salah satu goa yang berada di kecamatan Rongkop yaitu Goa Braholo.

Akses Masuk Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono
Goa Rancang Kencono

Yogyakarta melalui Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit/Gunung Patuk atau “Bukit Bintang” – Sambipitu – Pertigaan Bangjo timur Lanud TNI AU Gading belok kanan menuju arah Playen – Pertigaan selatan Pasar Playen ke kanan beberapa meter terus ke selatan menuju arah Paliyan – Pertigaan ke kanan menuju Desa Dengok – Puskesmas Playen 2 – Pertigaan ke kanan menuju Padukuhan Menggoran – Lokasi Goa Rancang Kencono 

Harga Tiket Goa Rancang Kencono

Untuk memasuki Goa Rancang Kencono ini, Anda tidak memerlukan biaya yang mahal. pasalnya harga tiket dari Goa Rancang Kencono ini terbilang murah. Saat weekday, harga tiket masuk Goa Rancang Kencono adalah Rp 5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Goa Rancang Kencono adalah Rp 5,000.00 sama dengan hari biasa. Pasalnya kawasan wisata ini sepenuhnya dikelola oleh masyarakat di Desa Wisata Bleberan disana.

Aktivitas di Goa Rancang Kencono

Aktivitas yang disediakan di Wisata Goa Rancang Kencono ini adalah area camping atau kemah yang bisa digunakan dengan berbagai macam kegiatan. Untuk menikmati area camping ini, Pengunjung dapat menghubungi pemerintah Desa Bleberan untuk memakai tempat tersebut.

Goa Rancang Kencono ini tidak hanya sebatas goa saja. Anda bisa mempelajari banyak sejarah saat berada di goa Rancang Kencono ini. Selain itu, goa ini juga memiliki cerita menarik yang tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di sini, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman berlibur yang luarbiasa tidak terlupakan. Anda juga akan mendapatkan pengarahan atau penjelasan dari pemuda karang taruna yang biasanya akan menceritakan sedikit mengenai sejarah dari goa rancang kencono ini. Goa ini adalah salah satu goa yang menarik yang tentunya keberadaannya tidak bisa dilewatkan. Jadi bagi anda yang ingin berlibur dan sedang kebingungan mencari lokasi tempat wisata yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, Anda bisa mencoba mendatangi ini. Goa Rancang Kencono ini adalah salah satu goa terbaik yang bisa dikunjungi karena menawarkan sensasi yang lain dari pada yang lain.

Demikian artikel tentang Goa Rancang Kencono. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Goa Jepang Kaliurang

Wisata Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang – Di daerah daerah pegunungan Kaliurang, kaki gunung merapi, terdapat daerah wisata alami. Tempat alami itu bernama Nirmolo Kaliurang. Di dalam daerah wisata ini, terdapat situs goa peninggalan masa penjajahan Jepang yaitu goa jepang kaliurang.

Goa peninggalan Jepang yang satu ini terlihat sangat eksotis. Letaknya yang berada di pegunungan membuat udara di tempat ini sangat sejuk. Goa Jepang yang berlokasi di Kaliurang ini termasuk salah satu goa replika atau buatan yang telah dibangun era penjajahan Jepang. Goa yang telah dibangun tersebut merupakan tempat perlindungan tentara Jepang dari para tentara musuh mereka. Goa Jepang Kaliurang ini memang memiliki fungsi yakni sebagai tempat gudang senjata dan bom

Goa yang berlokasi di Bukit Plawangan ini memiliki 25 goa buatan yang satu sama lain memiliki ruang penghubung. Dari pintu masuk Goa Jepang ini, pengunjung harus bisa berjalan di jalan setapak dalam waktu kurang lebih 45 menit lamanya.

Setelah sampai di Goa Jepang, pengunjung akan dipandu oleh pemandu wisata yang akan dengan senang hati menjelaskan sejarah mengenai goa jepang ini. Dengan dijelaskannya sejarah mengenai goa jepang, Jadi para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman wisata sekaligus pengalaman belajar langsung di temat bersejarah yang bernama Goa Jepang ini.

Biaya masuk dan menyewa pemandu wisata di goa ini cukup terjangkau. Selain itu, di dalam goa tidak ada penerangan yang dapat membantu proses penelusuran wisatawan, pengunjung juga dapat menyewa lampu senter atau alat penerangan sebagai sumber cahaya saat menyusuri goa jepang ini.

Selain Goa Jepang ini, di daerah wisata alam yang bernama Nirmolo Kaliurang yang berada di  Taman Nasional Gunung Merapi juga memiliki beberapa situs wisata lain  yaitu curug dan Plawangan.

Dapatkan pengalaman berwisata ke dalam Goa ini sekaligus memahami histori bangsa Indonesia khususnya perjuangan warga Yogyakarta melawan penjaajah. Selain dapat menikmati keindahan alamnya yang masih sangat terawat, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah penjajahan bangsa kolonial Jepang di Indonesia di masa lampau langsung dari tempatnya.

Akses Masuk Wisata Goa Jepang

Goa Jepang Kaliurang
Goa Jepang Kaliurang

Untuk mencapai lokasi Goa Jepang, wisatawan harus melakukan perjalanan ke Kaliurang, tepatnya di wisata Nirmolo. Sesampainya di pintu masuk daerah Nirmolo, wisatawan masih membutuhkan waktu sekitar 30 menit lagi. Di lokasi wisata telah ada beberapa papan petunjuk yang akan mengantar langkah kaki wisatawan menuju Goa Jepang. Dari papan petunjuk, wisatawan harus menempuh jalan setapak sekitar 1 km dan menaiki tangga. Tak usah khawatir jika lelah, karena di sisi-sisi tangga ada beberapa penjual makanan dan minuman menyambut wisatawan dengan ramahnya. Selain itu di setiap langkah wisatawan akan melihat betapa indahnya pemandangan alam Kaliurang yang hijau nan sejuk. Sesekali pada beberapa pohon akan terlihat monyet yang bergelantungan, berinteraksi dengan sesamanya, ikut menemani perjalanan para wisatawan menuju lokasi.

Tiket Masuk Di Goa Jepang

Untuk masuk ke Goa Jepang membayar 8.000 perorang untuk tiket masuk, dan parkir 3.000 permotor.

Aktivitas di goa Jepang

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi Wisata Goa Jepang ini adalah berfoto, tempat yang indah menjadi lokasi yang pas karena dekat dengan alam. Ada juga beberapa arena bermain untuk anak serta tempat istirahat untuk para dewasa.

Hati-hati jika berinteraksi dengan para monyet di lokasi karena mereka adalah hewan yang tergolong liar.

Demikian artikel tentang Goa Jepang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Goa Cerme

Wisata Goa Cerme yang Memukau

Goa Cerme – Obyek-obyek wisata di Yogya selain pantai, adalah gua yang jumlahnya banyak. Salah satu gua yang wajib didatangi yaitu Goa Cerme. Goa Cerme tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga sejarah di dalamnya.

Bagi wisatawan yang sangat ingin berwisata senang-senang sekaligus religi di Jogja? Goa Cerme adalah jawabanya. Goa yang berlokasi kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta ini dulunya adalah tempat pertemuan para Wali di pulau jawa untuk membahas dan merundingkan dakwah agama Islam dan membahas tentang pendirian Masjid Agung Demak.

Goa Cerme terletak di atas ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Untuk menuju ke goa ini, akses jalan memang cukup berat. Jalan yang naik turun, berkelok-kelok, berukuran kecil, dan situasi pegunungan yang masih asri menjadi sensasi tersendiri bagi para wisatawan.

Goa Cerme
Goa Cerme

Goa Cerme tidak cuma menawarkan keindahan alam stalagtit dan stalagmit dan adanya sungai bawah tanah saja. Tetapi, gua yang memiliki panjang sekitar 1,5 km yang tembus hingga ke Kabupaten Gunungkidul ini, juga menawarkan kekuatan yang mistis. Karena gua ini, sampai sekarang juga masih digunakan untuk ritual bertapa oleh orang-orang yang datang dengan maksud tertentu.

Akses Masuk Wisata Goa Cerme

Bagi kalian para wisatawan yang berangkat dari Kota Yogyakarta, bisa melaju sampai Terminal Giwangan. Lalu menuju Jalan Imogiri Timur nah di jalan tersebut akan menemukan papan petunjuk Goa Cerme.

Setelah melewati air terjun goa Selopamioro selanjutnya kalian akan mendapati tanjakan yang cukup tajam. Oleh karena itu, gunakanlah kendaraan yang prima. Jika tidak, maka akan menemui kesulitan di tengah jalanan yang cukup sepi dan sunyi.

Kalian juga bisa mencapai wisata Goa Cerme dengan menggunakan kendaraan umum. Dari terminal Giwangan lalu kalian pilih naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu lanjutkan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk Goa Cerme. Disarankan tiba di lokasi goa pagi hari saja. Pasalnya, jika baru tiba di atas pukul 14.00 WIB, pengelola wisata goa cerme akan berpikir lebih jauh untuk memberikan jasa guide kepada para wisatawan, karena perjalanan di dalam goa membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga yang sangat ekstra.

Harga Tiket Masuk

Retiribusi untuk masuk kawasan gua ini sebesar Rp 3 ribu rupiah termasuk asuransi sebesar Rp 250. Sementara untuk jasa pemandu yang dikelola oleh warga sekitar sebesar Rp 50 ribu rupiah untuk rombongan di bawah 15 orang. Untuk 15 orang ke atas, per orang sebesar Rp 4 ribu rupiah.

Aktifitas Di Goa Cerme

  • Berbagai Gua berukuran Kecil

Di dalam Gua Cerme juga bisa ditemukan Gua kecil lainnya. Bentuk dan nama masing-masing Gua itu pun bermacam seperti: Gedung Sekakap dan Watu Gilang. Ada juga Grojogan Sewu, Watu Gantung, Gedung Sekakap, Kraton, Lumbung Padi, Air Suci, dan Air Penguripan dan lain-lain.

  • Sungai Bawah Tanah

Di Gua Cerme sungainya agak berbeda dengan sungai pada umumnya. Gua ini memiliki sungai bawah tanah yang unik yang airnya benar-benar jernih. Sungai bawah tanah disini merupakan salah satu atraksi wisata yang cukup langka dan unik. Namun sebaiknya tidak masuk ke Gua ketika musim hujan dikarenakan  volume aliran air sungai meningkat yang dapat membahayakan.

  • Tempat Berenung

Daya tarik lain Gua ini adalah aura mistis yang tidak dapat disangkal sama sekali. Menariknya, pengunjung sendiri dapat merasakan auranya ketika pertama kali masuk ke Goa ini. Oleh karena itu, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat semedi.

Demikianlah artikel tentang Goa Cerme. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Goa Sriti Kulonprogo

Wisata Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo – Bagi Anda yang ingin menggali ilmu terkait dengan peninggalan sejarah para pahlawan kita di Indonesia. Wisata Goa Sriti ini adalah tempat yang cocok untuk Anda telusuri. Disamping sebagai tujuan berlibur, Anda juga dapat mendapat ilmu ketika berwisata ke tempat sejarah ini. Goa Sriti merupakan saksi bisu perjuangan para pahlawan masa lalu yang dijadikan sebagai tempat wisata saat ini. Goa Sriti termasuk dalam kategori wisata sejarah di jogja. Tempat ini dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro pada masa perang.

Goa ini dulunya dibuat oleh Pangeran Dipenogoro sebagai lokasi strategis taktik grilya dan persembunyian untuk melawan penjajahan Belanda. Pangeran Dipenegoro adalah pangeran yang memimping perlawan terhadap penjajahan Belanda pada tahun 1825-1930.

Goa Sriti kulon progo ternyata juga sebagai saksi bisu tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi yang bisa disingkat menjadi Abdul Hamid.

Goa Sriti Kulonprogo
Goa Sriti Kulonprogo

Keindahan Goa Sriti tak kalah dengan keindahan goa-goa lainnya di Kota Jogja. Goa Sriti juga ada stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa dan lantainya. Anda dapat menyusuri goa disini dengan jasa pemandu dan juru kunci yang akan menjelaskan segala seluk beluk yang ada di Goa tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa wisata ini masih sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan para wisatawan saat ini lebih menyukai wisata yang unik dan berbagai macam wahana yang modern. Pengunjung yang datang ke wisata ini biasanya dikatakan sebagai orang yang mencintai ilmu sejarah.

Lokasi Goa Sriti berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak Goa Sriti dari Jogja Kota sekitar 30 km, dapat ditempuh sekitar 1,5 km jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Namun, untuk menuju lokasi wisata ini sangat disarankan menggunakan sepeda motor. Mengingat akses yang terbilang kurang baik.

Masyarakat sekitar lokasi wisata ini pada umumnya berprofesi sebagai petani atau pedagang warung kecil-kecilan, sebenarnya potensi-potensi wisata di lokasi ini masih bisa digali lagi melihat keindahan panorama disekitar goa juga indah, bisa saja tambahkan dengan wisata out door atau bisa dimasukan manjadi salah satu tujuan dari paket wisata sejarah di kota Jogja

Namun yang penting dalam hal ini adalah peran pemerintah  yang bisa mempromosikan wisata di daerahnya dan harus teliti melihat daerahnya yang kaya akan potensi wisata kemudian membangun warganya agar sadar pariwisata dan keuntungan yang diperoleh.

Akses Masuk Goa Sriti

Untuk rutenya adalah sebagai berikut :

Tugu putih Jogja menuju ke arah barat sampai daerah Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di daerah Dekso, lanjut lagi sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju ke daerah Samigaluh. Ikuti jalan beraspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Harga Tiket Masuk Goa Sriti

Umumnya, harga tiket untuk masuk wisata berbeda antara hari libur atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Goa Sriti Kulon Progo. Harga bisa berubah sewaktu-waktu dan mohon untuk terus update

Saat weekday, harga tiket masuk wisata Goa Sriti adalah Rp. 30.000. Sementara saat weekend, harga tiket masuk wisata Goa Sriti adalah Rp. 30.000.

Aktifitas di Goa Sriti

Disana para wisatawan dapat berfoto dengan patung pangeran Diponegoro yang menunggangi kuda. Wisatawan juga dapat belajar sejarah tentang masa lalu di tempat wisata ini. Demikianlah artikel tentang Goa Sriti Kulon Progo. Semoga artikel ini dapat membantu. Sekian dan terima kasih.

Goa Gajah Mangunan

Wisata Goa Gajah Mangunan, Akses Menuju dan Aktifitas Apa yang Seru

Lokasi tempat Goa Gajah Mangunan masih berada satu kawasan dengan Tebing Watu Mabur Bantul. Posisi Goa Gajah berada di daerah perbukitan ujung kawasan pemukiman penduduk. Gapura tanda selamat datang menuju kawasan goa terlihat jelas dari tepi jalan. Kondisi goa masih cukup alami meskipun sudah dibangun tangga untuk lurun dari mulut goa. Batu yang bentuknya menyerupai gajah disebut-sebut sebagai asal muasal penamaan goa alami tersebut. Semantara ini, Goa Gajah dibuka untuk wisata pada hari libur saja dikarenakan masih kurangnya jumlah personel ataupun masyarakat yang mengelola kawasan wisata ini. Bila pengunjung ingin masuk menjelajah goa pada hari biasa silakan menghubungi pengelola wisata yang kantornya berada di desa daerah tersebut.

Goa Gajah Mangunan
Goa Gajah Mangunan

Ada beberapa hal yang membuat goa ini  menarik. Yang pertama yaitu menantang. Buat Anda yang suka petualangan dan mulai menyusuri goa, goa Gajah pas sebagai permulaan. Jarak pintu masuk dan keluar hanya sekitar 200 meter saja. Selain itu medannya juga mudah dilalui. Hal lainya adalah masih alami. Goa Gajah Mangunan termasuk goa yang belum dikelola secara intensif dan terencana oleh pemerintahan. Anggota masyarakat di sekitar saja yang mengupayakan goa tersebut senantiasa tetap terpelihara. Tentunya sesuai kapasitas dan keahlian yang masyarakat miliki. Dan juga ada beberapa bagian di Goa yang memiliki  “cahaya dari surga”. Tentu saja pengunjung harus datang diwaktu yang tepat yaitu jam 12 siang.

Akses Masuk Goa Gajah Mangunan

Dari arah terminal Giwangan lurus terus melewati jalan Imogiri Timur. Lalu dari jalan Imogiri Timur terus sampai melewati pasar Imogiri sampai mentok di pertigaan yang ada penandanya makam raja-raja belok ke kiri. Selanjutnya, Dari pertigaan itu ikuti saja papan penunjuk yang ada di sisi jalan sampai ke arah Dlingo dan belok ke kebun buah Mangunan. Lalu, jika kebun buah Mangunan itu ada di kanan, goa Gajah ini masih terus ke selatan. Ada penandanya berupa triplek. Lanjut saja kira-kira jaraknya dari kebun buah Mangunan sekitar 2 kilometer

Harga Tiket Masuk Goa Gajah Mangunan

  • Untuk biaya parker berkisar Rp. 2000,00
  • Untuk biaya sewa lampu Rp. 5000,00 tapi mungkin saja bisa naik
  • Biaya untuk pemandu seikhlasnya tetapi berilah sepantasnya untuk mereka juga demi membangun fasilitas tempat wisata yang lebih baik.

Aktifitas di Goa Gajah Mangunan

Kondisi goa ini masih alami karena adanya stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa tersebut. Apabila kamu ingin menapaki jalanan goa dan menyusurnya kamu akan menjumpai sebuah pohon besar yang menjulang tinggi menyerupai hutan mini di dalam goa. Adanya pohon dan semak-semaknya adalah atap goa yang pernah runtuh oleh tanaman di atasnya. Jadi tempat ini bagus sekali sebagai tempat berfoto mengabadikan momen liburan anda.

Kamu juga bisa menyusuri goa ini. Tetapi, kamu juga perlu berhati-hati saat masuk mengingat goanya yang licin terlebih pada musim penghujan. Juga di dalam goa yang begitu gelap, disarankan kepada semua wisatawan untuk membawa senter ataupun alat penerangan lainnya. Dengan jarak sedemikian ratus meter nantinya pengunjung akan mengakhiri perjalanan di pintu keluar yang ada di arah berlawananan dari pintu masuknya.

Goa Gajah Mangun ini adalah salah satu goa yang belum cukup mendapatkan perhatian. Dengan membersarnya minat wisatawan untuk datang serta semakin banyak bantuan dari masyarakat setempat. Semoga kedepanya tempat wisata ini juga di berikan bantuan oleh pemerintah.

Demikian artikel tentang Goa Gajah Mangunan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Goa Selarong

Akses Menuju Wisata Goa Selarong

Tempat wisata Goa Selarong tepatnya berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Kembangputihan, Pajangan, Bantul, Jogjakarta. Untuk menuju lokasi wisata Jogja ini teman- teman bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun carteran kendaraan karena tidak ada angkutan umum yang melintasi obyek wisata sejarah ini. Namun, jangan khawatir karena jalan menuju ke lokasi ini berupa jalan aspal yang sudah mulus. Untuk mengunjungi gua yang juga dikenal juga dengan nama Goa Diponegoro ini, wisatawan dapat melalui beberapa rute. Rute-rute tersebut akan dijelaskan dibawah.

Pada sejarah. Dulunya goa Selarong tempat Pangeran Diponegoro beraksi dalam perang gerilya melawan tentara Belanda antara tahun 1825 -1830. Pangeran Diponegoro dendam kepada penjajah lalu mulai menyusun aksi balasan setelah rumahnya di Tegalrejo dibakar habis. Di goa Selarong tersebut terdapat dua goa utama yaitu goa Kakung yang menjadi kediaman Pangeran Diponegoro dan goa Putri yang dimanfaaatkan sebagai tempat tinggal Raden Ayu Ratnaningsih, yakni selir pangeran.  Perjuangan rakyat inilah dikenal dengan semboyannya yaiu: sadumuk bathuk-sanyari-bumi-dikahi tekan-pati. Yang memiliki arti, sejari kepala sejengkal tanah dibela sampai mati. Pada masa lalu goa ini dijadikan pula sebagai tempat belajar sejarah masa lalu ataupun untuk menyepi.

Akses Menuju Goa Selarong

Goa Selarong
Goa Selarong

Ada banyak rute yang bisa wisatawan ambil untuk ke Goa Selarong. Antara lain dari terminal Giwangan yaitu:

  • Dari perempatan ring road terminal Giwangan selanjutnya belok ke kanan (barat) menuju perempatan ring road jalan Bantul
  • Cari perempatan ring road jalan Bantul selanjutnya belokan kendaraan Anda ke kiri (selatan) hingga melihat pertigaan jalan Selarong ( jalan Bantul – jalan Selarong ).
  • Setelah di pertigaan jalan Selarong belok ke kanan (barat) terus sampai mentok selanjutnya belok ke kiri (selatan).
  • Setelah belok kiri (selatan) langsung belok ke kanan (barat) selanjutnya terus sampai mentok di pertigaan.
  • Dari pertigaan itu belok ke kiri (selatan) selanjutnya terus saja mengikuti jalan Selarong
  • Dari terminal Giwangan kira-kira 20 menit berkendara ada papan penunjuk goa Selarong belok ke kanan. Ada patung Pangeran Diponegoro sedang naik kuda.

Harga Tiket Masuk Goa Selarong

Umumnya, harga tiket untuk masuk  ke tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu ataupun hari biasa. Saat hari biasa, harga tiket masuk Goa Selarong Bantul adalah Rp4,000.00. Sementara saat weekend jum’at sampai minggu, harga tiket masuk Goa Selarong Bantul adalah Rp4,000.00. harga yang cukup terjangkau.

Jam Buka dan Tutup Goa Selarong

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda termasuk tempat wisata Goa Selarong. Untuk menghindari kecelik wisatawan agar tidak salah waktu sehingga mereka akan kecewa. Goa Selarong buka jam 08.00 pagi dan tutup jam 05.00 sore Waktu setempat. Oleh sebab itu sebaiknya Anda memepersiapkan perjalanan sebaik-baiknya. Agar ketika sudah sampai tinggal menikmati pemandangan di sekeliling goa.

Aktifitas Di Goa Selarong

Aktifitas yang bisa anda lakukan di daerah Goa Selarong ini adalah berfoto atau menikmati indahnya air terjun  yang berada di kawasan ini saat musim penghujan tiba. Anda juga bisa berolahraga dengan menaiki anak tangga sepanjang rute dengan panjang kurang lebih 400 meter. Terdapat tebing yang cukup curam jadi diharapakan wisatawan untuk berhati-hati dalam berjalan.

Itulah penjelasan tentang Goa Selarong. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam berwisata ke kota Jogjakarta untuk mengunjungi Goa ini. Sekian dan Terimakasih.