Goa Kalisuci

Wisata Goa Tubing Kalisuci Gunung Kidul

Menjelajahi sungai yang mengalir melewati goa alami di bawah tanah menjadi pengalaman yang ditawarkan di Goa Tubing Kalisuci, desa Semanu, kabupaten Gunungkidul. Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini kombinasikan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting. Berbekal informasi yakni aktivitas cave tubing ini hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul,  Pun menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata Goa Tubing Kalisuci.

Aliran sungai yang berkelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang berwarna biru kehijauan terlihat kontras dengan warna tanah yang kecoklatan yang menjadi di dasarnya. Setelah semua duduk di atas ban pelampung yang disediakan, pengarungan sungai pun dimulai. Ban mulai bergerak seirama aliran air disana. Saat tiba di arus tenang maka wisatawan harus mengayuh supaya terus bergera maju diatas air, sedangkan saat memasuki sungai jeram, ban yang dinaiki akan melaju dengan cepat bermanuver sesuai dnegan kondisi sungai di sungai.

Goa Kalisuci
Goa Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci ini cocok sekali begi pecinta alam yang senang mengadu adrenalin. Cave Tubing Kalisuci di Indonesia ini sudah  mendunia. Tempat wisata ini masuk dalam kategori cave Tubing terbaik di dunia, sejajar dengan cave tubing yang ada di New Zealand dan Mexico.

Akses Menuju Wisata Cave Tubing Kalisuci

Cave tubing Kalisuci yaitu berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 60 km dari kota Yogyakarta. Lebih seru lagi jika bisa menggunakan kendaraan bermotor pada saat menuju tempat wisata ini. Jika dari kabupaten Wonosari berkendara menuju kecamatan Semanu memerlukan waktu sekitar 15 menit saja atau setara dengan 10 km untuk mencapai gua Pindul. Mulai dari situlah wisatawan akan melewati jalan berbatu kurang lebih 500 meter hingga akhirnya sampai tujuan. Tetaplah selalu waspada ketika bepergian ke medan yang menanjak, meskipun jalan sudah beraspal dan mulus pasti berkelok. Dan terdapat tanjakan serta turunan yang cukup berbahaya untuk dilalui.

Harga Tiket Menikmati Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keseruan menyusuri sungai Kalisuci ini yaitu Rp. 70,000 rupiah perorang. Tepat wisata ini dibuka mulai pukul 07:00 pagi-17:00 sore dari hari Senin hingga Minggu. Biaya tersebut tidak akan terasa berat jika kalian benar-benar menikmati perjalanan menyusuri sungai di bawah tanah dan di dalam gua Kalisuci ini, karena Cave Tubing ini termasuk wisata langka yang memiliki banyak pengunjung.

Aktivitas Wisata Cave Tubing Kalisuci

Bagi kalian yang belum berani mencoba olahraga air berupa rafting ini, jangan takut akan kecelakaan karena para wisaawan terjamin keamanan dan keselamatannya. Pengelola atau pemandu akan dengan senang hati menjelaskan mengenai teknik dan tips dalam melakukan kegiat ini. Adapun perlengkapan yang harus ada dan wajib digunakan dalam kegitan ini seperti jaket khusus untuk olahraga air, pelampung, senter kepala, helm pelindung, pengaman lutut dan ban yang akan dinaiki.

Pemandu wisata akan senantiasa mendampingi para wisatawan selama kegiatan. hal itu bertujuan untuk keselamatan dan keamanan pengunjung juga. Kegiatan eksplorasi di tepi sungai cukup memuaskan berlangsung  1,5 jam lamanya. Cukup lama mengingat betapa seru dan mengasyikan dengan sensasi sungai di bawah tanah dan di dalam gua dengan rute yang berkelok-kelok di atas aliran sungai yang jernih dan segar tersebut.

Demikianlah artikel tentang Goa Tubing Kalisuci. Semoga artikel ini dapat membantu. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *