Goa Sriti Kulonprogo

Wisata Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo – Bagi Anda yang ingin menggali ilmu terkait dengan peninggalan sejarah para pahlawan kita di Indonesia. Wisata Goa Sriti ini adalah tempat yang cocok untuk Anda telusuri. Disamping sebagai tujuan berlibur, Anda juga dapat mendapat ilmu ketika berwisata ke tempat sejarah ini. Goa Sriti merupakan saksi bisu perjuangan para pahlawan masa lalu yang dijadikan sebagai tempat wisata saat ini. Goa Sriti termasuk dalam kategori wisata sejarah di jogja. Tempat ini dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro pada masa perang.

Goa ini dulunya dibuat oleh Pangeran Dipenogoro sebagai lokasi strategis taktik grilya dan persembunyian untuk melawan penjajahan Belanda. Pangeran Dipenegoro adalah pangeran yang memimping perlawan terhadap penjajahan Belanda pada tahun 1825-1930.

Goa Sriti kulon progo ternyata juga sebagai saksi bisu tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi yang bisa disingkat menjadi Abdul Hamid.

Goa Sriti Kulonprogo
Goa Sriti Kulonprogo

Keindahan Goa Sriti tak kalah dengan keindahan goa-goa lainnya di Kota Jogja. Goa Sriti juga ada stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa dan lantainya. Anda dapat menyusuri goa disini dengan jasa pemandu dan juru kunci yang akan menjelaskan segala seluk beluk yang ada di Goa tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa wisata ini masih sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan para wisatawan saat ini lebih menyukai wisata yang unik dan berbagai macam wahana yang modern. Pengunjung yang datang ke wisata ini biasanya dikatakan sebagai orang yang mencintai ilmu sejarah.

Lokasi Goa Sriti berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jarak Goa Sriti dari Jogja Kota sekitar 30 km, dapat ditempuh sekitar 1,5 km jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Namun, untuk menuju lokasi wisata ini sangat disarankan menggunakan sepeda motor. Mengingat akses yang terbilang kurang baik.

Masyarakat sekitar lokasi wisata ini pada umumnya berprofesi sebagai petani atau pedagang warung kecil-kecilan, sebenarnya potensi-potensi wisata di lokasi ini masih bisa digali lagi melihat keindahan panorama disekitar goa juga indah, bisa saja tambahkan dengan wisata out door atau bisa dimasukan manjadi salah satu tujuan dari paket wisata sejarah di kota Jogja

Namun yang penting dalam hal ini adalah peran pemerintah  yang bisa mempromosikan wisata di daerahnya dan harus teliti melihat daerahnya yang kaya akan potensi wisata kemudian membangun warganya agar sadar pariwisata dan keuntungan yang diperoleh.

Akses Masuk Goa Sriti

Untuk rutenya adalah sebagai berikut :

Tugu putih Jogja menuju ke arah barat sampai daerah Kenteng, Nanggulan lalu belok kanan arah Magelang hingga sampai di daerah Dekso, lanjut lagi sampai Kalibawang ke kiri ikuti arah menuju ke daerah Samigaluh. Ikuti jalan beraspal sampai menemukan patung Pangeran Diponegoro sedang menunjuk ke arah Goa Sriti.

Harga Tiket Masuk Goa Sriti

Umumnya, harga tiket untuk masuk wisata berbeda antara hari libur atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Goa Sriti Kulon Progo. Harga bisa berubah sewaktu-waktu dan mohon untuk terus update

Saat weekday, harga tiket masuk wisata Goa Sriti adalah Rp. 30.000. Sementara saat weekend, harga tiket masuk wisata Goa Sriti adalah Rp. 30.000.

Aktifitas di Goa Sriti

Disana para wisatawan dapat berfoto dengan patung pangeran Diponegoro yang menunggangi kuda. Wisatawan juga dapat belajar sejarah tentang masa lalu di tempat wisata ini. Demikianlah artikel tentang Goa Sriti Kulon Progo. Semoga artikel ini dapat membantu. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *