10 Destinasi Wisata Goa Jogja Yang Memukau

Wisata Goa Jogja tidak kalah seru dengan wisata goa lainnya yang ada di pulau Jawa.     Selain itu Jogja juga sebagai kota yang mempunyai banyak sekali varian  kuliner yang khas. Selaian kuliner dan keunikannya tersebut, kota ini juga memiliki destinasi wisata yang banyak dan beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam dan keluarga. Tentu saja jika anda sekeluarga terutama berasal dari luar daerah Kota Jogjakarta, anda bisa menggunakan paket wisata jogja yang telah disediakan oleh jagonya biro perjalanan Tripjogja.

Untuk kalian yang senang dengan wisata alam, kota Jogja ini juga meiliki banyak sekali wisata alam, terutama Goa. Goa-goa yang terdapat di kota Jogja ada banyak sekali, seperti:

Goa Selarong

Goa Selarong
Goa Selarong

Goa yang pertama adalah goa selarong. Bagi wisatawan yang suka bersepeda tidak ada salahnya mencoba rute untuk menuju goa Selarong ini terdapat tanjakan-tanjakan yang memacu adrenalin. Letak goa Selarong ini disekelilingi oleh deretan perbukitan kapur yang indah dan banyak di tumbuhi oleh pepohonan. Pohon yang paling banyak di temui di sepanjang perjalanan adalah pohon jambu. Setelah bebeapa saat bersepeda lalu sampai di depan gerbang goa. Setelah itu wisatawan harus menuruni 200 anak tangga ke bawah. Sesampai di bawah, terdapat 2 goa. Goa-goa tersebut yaitu goa putri dan goa kakung.

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan
Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah adalah sebuah goa alami yang namanya diambil dari sebuah gumpalan batu yang terbentuk menyerupai gajah yang terdapat di dalam goa. Goa ini merupakan goa horisontal dengan memiliki kedalaman 200 meter akan tetapi untuk kedalaman yang sesungguhnya masih belum diketahui  karena adanya tumpukan tanah di sebagian goa sehingga jalan menjadi sempit untuk telusuri. Di ujung goa terdapat sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga ke luar goad an menyerupai hutan mini di dalam goa.

Goa Sriti Kulonprogo

Goa Sriti Kulonprogo
Goa Sriti Kulonprogo

Goa Sriti merupakan salah satu goa yang paling menantang dan terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi goa ini sangat berdekatan sekali dengan wisata Goa Pindul yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Goa ini memiliki panjang sekitar 320 meter, gua yang membentang dari barat ke timur dan diatasnya dilintasi dengan jalan besar yang menuju ke Goa Pindul.

Goa Cerme

Goa Cerme
Goa Cerme

Goa yang ini berasal dari kabupaten bantul Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi tersebut membutuhkan setidaknya kurang lebih 1 jam dari pusat kota Yogyakarta menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil. Yang membuat goa ini istimewa adalah terdapat air terjun di dalamnya. Kedalaman goa ini yaitu sekitar 1,5 kilo meter. Untuk mencapai pintu masuk gua ini kita harus melewati 759 anak tangga.

Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang
Goa Jepang Kaliurang

Bagi wisatawan yang senang mendaki gunung cocok banget berkunjung ke goa jepang yang terletak di kaliurang sleman Yogyakarta ini. Untuk mencapai ke lokasinya kita harus tracking menyusuri jalan-jalan setapak berbatu yang di kelilingi pepohonan rimbun dilereng bukit sejauh kurang lebih 1100 meter. Jumlah mulut goa ini adalah 25 buah dan semuanya saling berhubungan satu sama lain, tetapi tidak saling berdekatan. Bisa saja kalian menemukan jalan lain sehingga memperluas area jelajah kalian.

Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono
Goa Rancang Kencono

Gua rancang Kencono adalah salah satu goa yang terdapat di Gunungkidul . Daerah ini memang memiliki banyak  gua-gua yang tersembunyi didalam perut bumi yang banyak menawarkan panorama yang luar biasa indah.  Gua Rancang Kencono mempunyai keistimewaan  yaitu adanya ruangan lapang seluas 20m x 20m yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan sering digunakan untuk tempat acara. Ruangan tersebut tidak terlalu gelap karena sinar matahari tetapi tidak terlalu banyak.

Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang goa yang terletak di gunung kidul. Goa jomblang mungkin masih sedikit asing bagi masyarakat. Akhir-akhir ini memang banyak sekali goa yang ditemukan di gunung kidul, ternyata gunung kidul ini menyimpan banyak rahasia alam. Goa ini sangat cocok bagi mereka yang suka tantangan karena untuk memasuki goa ini selain mempunyai nyali dan keberanian karena memakai tali untuk naik dan turun ke dasar gua, gua ini berbentuk vertical dengan kedalaman sekitar 60 meter. Momen yang paling indah dari gua ini adalah ketika jam 10.00-13.00 dimana sinar matahari masuk kedalam gua menyibak kegelapan yang biasa disebut cahaya surga.

Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo Kulonprogo
Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo merupakan salah satu Goa yang penuh akan mitos dan  salah satu goa yang di sakralkan. Mitos menyebutkan Goa ini sebagai tempat tinggal dua raksasa yakni Mahesasura (raksasa berkepala kerbau) dan Lembusura (raksasa berkepala Sapi). Panjang nya goa ini sekitar 1 Km. Di tengah perjalanan goa ini akan menemukan sebuah kendi air dimana berisi tetesan air dari stalagtit yang bersumber dari sebuah aliran mata air jernih dan bersih sehingga bisa langsung diminum.

Goa Kalisuci

Goa Kalisuci
Goa Kalisuci

Lokasi goa Kalisuci berada di daerah gunungkidul. Panjang goa ini sekitar 600-700 meter dan bila disusuri akan memakan waktu sekitar 2 jam. Sebelum melakukan Cave Tubing di goa ini, wisatawan akan dijelaskan ketentuan atau aturan selama melakukan kegiatan tersebut dan mengenai peralatan cavetubing seperti helm, ban pelampung, sepatu dan lain lai. Kalisuci Cave Tubing memerlukan banyak stamina yang bagus karena wisatawan nantinya harus melewati jeram-jeram yang bisa memacu adrenalin serta setelah sampai garis akhir wisatawan akan diajak tracking sekitar 50-60 m dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul

Goa Pindul dengan cave tubing-nya telah menarik banyak para wisatawan baik dari dalam maupun luar Yogyakarta. Disini wisatawan dapat menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang dan indah.  Cave tubing di Goa ini sangat mudah dilakukan karena aliran sungai bawah tanah tersebut sangat tenang. Saat mulai memasuki mulut Goa Pindul sering terdengar kepakan sayap kelelawar yang menghuni goa tesebut. Stalagmit dan stalagmit ikut menghiasi dalam goa Berbagai ukuran. Terdapat sebuah stalagmit dan stalagtit yang telah menyatu dan berukuran cukup besar yang menghalangi aliran air. Ukuran pilar tersebut cukup besar sehingga utuh 5 orang rentangan orang dewasa untuk melingkarinya.

Nah banyak sekali kan Wisata Goa Jogja. Tentunya jika ingin mengunjungi semua desteniasi tersebut, anda harus menyiapkan beberapa persiapan seperti waktu, tempat dan kendaraan apa yang akan anda gunakan. Akan lebih mudah jika anda menggunakan paket perjalanan yang praktis dan mudah. Contohnya, paket liburan seperti paket 1 hari, paket outing jogja 2 hari 1 malam, paket 3 hari 2 malam dan lain-lain. Di website Tripjogja.co.id menyediakan banyak sekali paket wisata yang bisa anda gunakan. Dan juga terdapat pilihan jenis paket wisata yang anda butuhkan.

Itulah artikel tentang Wisata Goa Jogja. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Erimakasih sudah membaca.

Paket Wisata Jogja

Alamat : Tambak Mas Kav. 94 (2nd Floor), Jalan Godean Km. 1, Kasihan, Bantul, Sumberan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182

Telepon : +62853-2782-0111